Wisata Edukasi



                Jam setengah 6,  aku berangkat dari rumah dan menuju SMP Labschool Jakarta. Hari ini siswa kelas  7 ada kegiatan wisata edukasi ke PUSPIPTEK Serpong dan TMII. aku nyampe sekolah sekitar jam 6.15 dan langsung ngumpul sama temen sekelas. Sambil nunggu apel pembukaan, gua main-main dulu. Sekitar jam setengah 7an,  kita disuruh ngumpul di hallma untuk apel bareng kelas 9. Karena wisata edukasi ada tugas untuk bikin video, banyak dari siswa kelas 7 yang ngeluarin hp atau kameranya untuk ngevideoin apel pembukaan. Jam 7an, apel selesai dan kita menuju ke bis kelas masing-masing. Pas udah di bis, aku sama beberapa temenku milih duduk di paling belakang. Keadaan di bis pas baru masuk, udah lumayan rame. Sebelum berangkat, kita sekelas berdoa terlebih dahulu dan dilanjut pembagian snack.
                Pertama, kita berangkat menuju PUSPIPTEK Serpong. Selama perjalanan, siswa 7E ngga ada yang tidur karena terlalu seneng. Di bis, kita karoke bareng, galau bareng sampe-sampe Pak Way pun ikut nyanyi. Bagian belakang bis yang paling rame, karena isinya emang anak-anak yang ngga bisa diem. Heboh pokoknya. Karena saking berisik dan heboh, beberapa orang yang mau tidur jadi kebangun lagi karena saking berisiknya.
                Sampe di PUSPIPTEK, kita di arahin ke auditorium untuk pengarahan dan pemberitahuan tentang apa aja yang ada di PUSPIPTEK. Setengah jam kemudian, kami diarahkan untuk menuju ke lab yang telah di tentukan. Kelas 7E kebagian ke lab BT2MP. Sebelum ke lab, siswa kelas 7 berfoto bersama terlebih dahulu. Untuk perjalanan ke lab tersebut, kita menggunakan bis. Sebelum turun, kita diarahkan untuk membawa LKS yang udah dibagikan dan menggunakan jas lab. 10 menit kemudian, akhirnya kita sampe di BT2MP. Kita masuk dan dikasih pengarahan terlebih dahulu. Sayangnya, kita ngga boleh ngevideoin apa yang ada di dalem lab tersebut.
                Selesai melihat-lihat lab tersebut, kami mengisi LKS. Setelah selesai, kami berfoto bersama para pengurus. Selesai dari lab, kita langsung berangkat ke TMII. Sebelum naik ke bis, aku sama beberapa temenku foto di deket lab tersebut karena backgroundnya aesthetic  kalo kata anak jaman sekarang. Selesai foto, aku sama beberapa temenku langsung masuk ke bis. Di bis, kita karokean lagi. Di perjalanan, banyak anak cowo yang ganti baju jadi baju angkatan di dalem bis. Mau gamau yang cewe-cewe harus tutup mata. Perjalanan menuju TMII ngga makan waktu yang lama. Sampe disana, kita langsung menuju masjid untuk solat dzuhur dan untuk anak cewe ganti baju. Selesai solat, kita langsung balik ke bis dan menuju skyworld.
                Sampe di skyworld, kita diarahkan untuk masuk ke ruangan untuk pengarahan lagi. Banyak siswa SMP Labschool Jakarta yang mengeluarkan hp ataupun kameranya untuk merekam. Disana kita dikasih tau tentang luar angkasa dan juga dikasih video tentang luar angkasa. Ngga lama, kita langsung diarahin untuk masuk ke skyworld.


                Di skyworld, kita bisa liat banyak roket dan penemu serta astronot dari Indonesia. Karena ada beberapa spot foto yang bagus, aku sama temen-temen gua foto disana. Di skyworld, banyak juga yang ngevideoin. Ohya, di skyworld kita juga mengisi LKS sambil nyari jawabannya disana. Disana, juga ada ruang kendali roket. Ditengah-tengah ada roket yang super gede. Dan disekelilingnya, ada foto dan penjelasan ilmuan dan para penemu. Kita juga diarahkan ke ruangan yang suhunya hampir sama kayak di mars. Panas banget. Tapi, setelah itu kita diarahin ke ruangan untuk menuju 5D. Kita harus antri karena emang cukup untuk 20 orang dan cuma ada 3 ruangan sedangkan siswa kelas 7 jumlahnya 200an lebih. Biar ngga bosen, yang nunggu dikasih pizza untuk cemilan.
                Sekarang giliran aku untuk masuk ke 5D itu. Disana ada kursi khusus. Sebelum nonton 5D, kita dikasih kacamata untuk sensasi yang lebih realistis. Ternyata, 5D itu tentang roller coaster. Kita kebagian yang dibawah tanah. Saat berlangsung, banyak yang teriak-teriak karena bener-bener ngerasa lagi di dalem roller coaster tersebut. 5D itu ngga sampe 10 menit, jadi kurang puas rasanya. Setelah itu, kita keluar dan diperbolehkan untuk jajan. Awalnya, kita mau ke museum air tawar. Tapi karena ujan deres banget, kita jadinya nonton di planetarium. Setelah semua udah selesai naik wahana 5D, kita langsung diarahin masuk ke planetarium
                Di planetarium, kita nonton video tentang keadaan di luar angkasa. Karena layarnya diatas kepala, kita harus rela nengok ke atas. Walaupun capek nengok ke atas, kita ngga sia-sia karena video tersebut emang bagus. Selesai itu, kita langsung diarahin ke bis lagi untuk solat ashar. Karena waktunya udah agak mepet, kita sekalian solat magrib. Selesai solat, kita langsung balik ke bis untuk perjalanan pulang.
                Perjalanan pulang ke SMP Labschool Jakarta, ngga sedikit siswa kelas 7E yang tidur karena kecapean.  Tapi sebelum pada tidur, kita sempet nyanyi bareng dulu. Tapi karena saking kecapeannya, banyak juga yang tidur. Beberapa menit sebelum sampe, aku kebangun. Pas aku bangun, banyak juga ternyata yang udah bangun. Ngga lama kemudian, kita sampai di SMP Labschool Jakarta. Siswa yang udah dijemput boleh langsung pulang dan istirahat di rumah karena besoknya harus masuk untuk ngedit.






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cita-Cita Anak Labschool

Coding di Mata Anak SMP Labschool Jakarta

Kartul