SAKSI 2019



SAKSI merupakan singkatan dari Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh siswa SMP Labschool Jakarta. Pesertanya adalah siswa siswi kelas 7. Kegiatan ini di laksanakan di Sangga Buana, Karawang. Kegiatan yang dilakukan selama 3 hari 2 malam ini, bertujuan untuk membangun pribadi yang lebih disiplin dan berkarakter. Tahun ini, aku mendapat kesempatan untuk kembali ke Sangga Buana sebagai OSIS.

Sebelum kegiatan SAKSI dilaksanakan, ada kegiatan pra-SAKSI terlebih dahulu. Hari Jumat tanggal 25 Januari 2019, ada briefing untuk kelas 7. Senin, tanggal 28 Januari dilakukan pembuatan vandal juga pengecatan tongkat. Esoknya, ada latihan PBB bersama tentara langsung. Hari kamis, kelas 7 dan OSIS mengumpulkan tas yang akan dibawa terlebih dahulu ke Sangga Buana.

Hari Jumat tanggal 1 Februari, kami semua berangkat ke Sangga Buana. Di bis, aku, Khalisa dan Echa menonton film Split. Perjalanan ke Sangga bUana menghabiskan waktu sekitar 3 jam. Selain menonton, kami juga diberi makan dan tidur sejenak. Setelah sampai, kami apel pembukaan terlebih dahulu. Setelah apel, kami harus menaiki anak tangga yang berjumlah 200 lebih untuk sampai ke atas. Setelah menaiki anka tangga yang cukup melelahkan, kelas 7 diberi materi terlebih dahulu. Materi tersebut berisi tentang materi kepemimpinan dan disampaikan langsung oleh KOSTRAD. Selesai materi, kami melaksanakan shalat jumat dan dzuhur terlebih dahulu. Siswi kelas 7 juga mengadakan keputrian singkat di barak yang dipimpin oleh OSIS.

Selesai shalat, ada materi lagi tentang ular berbisa. Saat materi tersebut, ditunjukkan jenis ular berbisa dan dan tidak berbisa. Ular yang ditunjukkan berasal dari berbagai macam daerah di Idonesia dengan berbagai ukurandan warna. Selain itu, siswa dan guru diminta merasakan gigitan dari ular.

Selesai itu, ada materi lagi tentang narkoba yang dibalut dengan atraksi sulap. Materi tersebut berjalan sampai sore. Setelah selesai, siswa diminta bersih-bersih dan mempersiapkan diri untuk games di malam harinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cita-Cita Anak Labschool

Coding di Mata Anak SMP Labschool Jakarta

Kartul